PERSAINGAN QRIS DAN KARTU KREDIT, SIAPA YANG UNGGUL?

Pembayaran merupakan tulang punggung setiap perekonomian dunia, seiring pesatnya perkembangan teknologi menjadikan cara membayar barang dan jasa berevolusi secara dramatis selama berabad-abad. Evolusi ini sebagian besar didorong oleh munculnya teknologi baru dalam system pembayaran, dengan teknologi finansial memainkan peran penting dalam meningkatkan kecepatan, kenyamanan, dan aksesibilitas.
Hadirnya sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) membuat persaingan pada system pembayaran makin ketat, fitur pembayaran QRIS juga dikembangkan oleh perbankan. Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia mencatat, QRIS kini menjadi metode pembayaran termudah dan terpopuler kedua setelah kartu debit bagi pedagang, mengungguli kartu kredit yang kini menempati posisi ketiga.
Dalam konferensi pers Rapat Dewan Guberbnur BI Oktober 2024, pengguna QRIS mencapai 54,1 juta dengan jumlah pedagang 34,7 juta. Transaksi uang elektronik meningkat 27,0 persen (Year on Year/YoY) menjadi 1.365,4 juta.
Sementara pada Oktober 2024, jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia mencapai 13,9 juta, dengan pertumbuhan 3,22% secara tahunan (year on year/yoy). Transaksi kartu kredit juga meningkat 19,6% yoy mencapai 39,7 juta transaksi.
Berikut adalah kelebihan QRIS bagi pembeli dan penjual yaitu QRIS didukung oleh banyak bank dan penyelenggara jasa sistem pembayaran di Indonesia. BMerchant Discount Rate (MDR) QRIS tidak dikenakan untuk transaksi Government to People (G2P) seperti bantuan sosial, dan People to Government (P2G) seperti pajak dan paspor. Transaksi QRIS dapat dilakukan dengan cepat dan mudah menggunakan smartphone, tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit.
Sementara beberapa kelebihan melakukan pembayaran dengan kartu kredit diantaranya dianggap sabagai dana cadangan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa harus memiliki dana yang cukup di rekening mereka. Kartu kredit juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai tempat yang menerima kartu kredit baik domestik maupun internasional.
Adapun perbedaan utama diantarany adalah QRIS menggunakan dana yang ada di rekening pengguna, sedangkan kartu kredit pada umumnya menggunakan dana yang dipinjamkan oleh bank. Membayar transaksi menggunakan kartu kredit maka bank terlebih dahulu membayarkan untuk kita. Kemudian pada saat jatuh tempo tiba maka dana yang dipinjamkan tersebut harus dibayarkan kembali kepada pihak bank oleh nasabah bank. Batasan transaksi pada QRIS sebesar Rp10.000.000 per transaksi, sedangkan kartu kredit memiliki batasan kredit yang ditentukan oleh bank.
Bagaimana terbantuknya persaingan antara QRIS dan Kartu Kredit? Di Indonesia QRIS menjadi semakin populer terutama untuk transaksi kecil dan menengah, juga karena kemudahan dan kepraktisannya. Sementara Kartu kredit masih relevan untuk digunakan dalam transaksi yang memerlukan dana cadangan atau pembayaran yang lebih besar. Persaingan antara QRIS dan kartu kredit terjadi karena QRIS menawarkan alternatif pembayaran digital yang lebih praktis mudah dan efisien, sementara kartu kredit tetap menjadi pilihan utama untuk belanja besar dan akses kredit dengan jangkauan yang lebih luas. QRIS mempermudah transaksi di berbagai lokasi domestik, dengan menggunakan satu kode QR untuk berbagai aplikasi e-wallet. Sementara kartu kredit, tetap memberikan keunggulan dalam hal akses kredit, bonus, dan program loyalitas dari bank.
Bersihnya.id mengajak mari bijak menggunakan QRIS dan kartu kredit untuk pembayaran dengan yang berarti bahwa kita bijak dalam memanfaatkan kedua metode pembayaran ini, hati-hati dan cermat, untuk meminimalisir risiko, memaksimalkan keuntungan, maupun mengelola keuangan dengan baik.
Bersihnya adalah salah satu layanan jasa cleaning service yang melayani area Jabodetabek dan sekitarnya. Bersihnya.id adalah layanan profesional pembersihan dan pemeliharaan Building Cleaning Management, oleh karenanya serahkanlah jasa general cleaning, cleaning service officer, pembersihan kaca dan ACP gedung, pengecatan dinding gedung, cuci/sampo karpet, poles/coating vinyl dan marmer, kristalisasi marmer, service dan perawatan/perbaikan AC, pest control serta pelatihan dan training kebersihan kepada kami bersihnya.id. Karena kami telah banyak membantu sekaligus menjadi problem solver terhadap setiap masalah yang klien hadapi.
Sebagai penyedia layanan pembersihan komersial yang menawarkan layanan ahli kepada klien, Kami memberikan layanan terbaik setiap saat. Semua petugas kebersihan kami latih dengan standar kesehatan dan keselamatan serta layanan pelanggan yang aman dan nyaman. Segera kunjungi website resminya di https://www.bersihnya.id untuk informasi lebih lanjut.