Bagaimana membuat pelanggan merasa nyaman di kantor Anda?

Sebagai pengelola bisnis, Anda ingin pelanggan merasa nyaman untuk datang ke kantor Anda dan mendapatkan layanan prima dari Anda. Adalah hal yang sangat penting penciptaan tata ruang kantor kreatif modern yang menginspirasi, membuat pelanggan betah dan mampu memberikan perasaaan nyaman bagi pelanggan.
Kesan pertama memang penting ketika membangun hubungan dengan pelanggan. Menawarkan produk dan layanan berkualitas tinggi hanyalah sebagian dari pekerjaan. Dengan banyaknya persaingan di pasar, tidak cukup hanya menawarkan produk atau layanan berkualitas tinggi. Memenangkan dan mempertahankan pelanggan setia membutuhkan lingkungan yang nyaman dan ramah bagi mereka. Sulit untuk mempertahankan hubungan yang langgeng jika orang-orang tidak puas. Perlu diingat bahwa, di era digital, satu ulasan negatif menyebar ke seluruh industri jauh lebih cepat dibandingkan beberapa ulasan positif.
Karenanya perusahaan perlu memperhatikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan pada setiap kunjungan ke kantor Anda, dan pelanggan akan datang kembali untuk bisnisnya dikemudian hari.
Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat pelanggan Anda merasa nyaman dan perabot kantor mana saja yang harus perhatikan untuk menciptakan lingkungan kantor yang nyaman.
Buat Pelanggan Anda Merasa Seperti di Rumah Sendiri
Percaya atau tidak, lantai yang beralaskan karpet yang bersih dan berkualitas dengan perawatan rutin dan terjaga seringkali bisa menambah rasa hangat pada kantor Anda. Tidak peduli bisnis apa yang Anda jalani. Pemilihan lantai karpet yang tepat dapat menambah kesan Zen dan relaksasi pada ruangan kantor Anda. Pemilihan lantai karpet ini juga dapat mengekspresikan bisnis Anda dengan memadukan selera gaya dan target pelanggan.
Perhatikan Tata Ruang Kantor
Pikirkan tentang apa yang ingin Anda lihat di kantor dan lakukanlah. Jika ternyata bagus, pertahankan. Jika perlu perbaikan, hitung ulang dan lakukan lagi seiring berjalannya waktu. Tata ruang kantor meliputi kegiatan menyajikan dan mengatur suatu ruangan agar terlihat bersih, sehat rapi dan nyaman, sehingga pekerjaan kantor dapat dilakukan dengan efektif dan efisien yang pada gilirannya kinerja karyawan dan pelanggan Anda akan semakin meningkat. Manfaat dari tata ruang kantor adalah untuk mengoptimalkan penggunaan ruang yang ada secara efekif; mengembangkan lingkungan kerja yang nyaman bagi pegawai kantor; memberikan kesan yang positif terhadap pelangan perusahaan; menjamin efesiensi dari arus kerja pegawai; meningkatkan produktivitas kerja pegawai; mengantisipasi pengembangan organisasi dimasa depan dengan melakukan perencanaan tata ruang yang fleksibel.
Pastikan Karyawan Anda terlatih dengan baik
Karyawan Anda harus ramah dan membantu saat berinteraksi dengan pelanggan. Pastikan mereka cukup terlatih dalam layanan pelanggan dan dapat menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin muncul. Pastikan mereka memiliki pengetahuan yang cukup mengenai produk yang Anda tawarkan sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan. Sebagai contoh, seorang tenaga penjualan harus mampu menawarkan rekomendasi produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.
Tawarkan fasilitas
Menciptakan suasana yang mengundang dengan tempat duduk yang nyaman, musik yang menyenangkan, dan pencahayaan yang hangat agar suasana tidak terlalu sepi dan canggung. Selain itu, jika perlu pertimbangkan untuk menawarkan semacam program loyalitas bagi pelanggan untuk mendorong kunjungan berulang.
Pastikan Ruang kantor Anda terpelihara dengan baik
Jika pelanggan masuk ke tempat yang tidak terawat dan berantakan, kemungkinan besar mereka tidak akan nyaman. Pastikan semua area bersih dan bebas dari debu, sampah, tetap terjaga bersih, rapih, hal ini untuk memastikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Pastikan suhunya nyaman dan tidak ada bau aneh di udara. Jika perlu lakukan General Cleaning secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali. General Cleaning merupakan pekerjaan pembersihan area secara menyeluruh baik didalam maupun diluar ruangan, dengan menggunakan peralatan dan bahan chemical yang ramah lingkungan dan lengkap untuk menghilangkan kotoran, debu dan noda yang tidak bisa di hilangkan dengan metode pembersihan biasa yang di lakukan setiap hari (Daily Cleaning).
Bersihnya.id mengajak mari selalu menjaga dan melakukan perawatan secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali semua property gedung perkantoran dan perumahan, agar bisa menciptakan suasana yang nyaman.
AREA CAKUPAN PEKERJAAN GENERAL CLEANING
Area Langit-langit (Plafon, List Plafon, Kipas Angin) pembersihan dari debu dan sarang laba-laba, Area Lantai (Keramik, Vinyl, Karpet, Marmer, Granit) pembersihan dari noda, kerak, Area Toilet (Shower, Wastafel. Lantai dan Dinding) pembersihan dari lendir, kerak dan kotoran, Area Kaca Rumah/Gedung (Jendela, ACP-Aluminium Composite Panel, Kaca Gedung indor/outdoor) pembersihan dari jamur, kerak dan dari buram, Area Furniture (Kitchen Set, Lemari, Meja, Rolling Tangga) pembersihan dari noda, kerak, kotoran dan jamur, Area Pintu (Gagang Pintu, Daun Pintu) pembersihan dari noda, kotoran dan debu.
Bersihnya.id menyedialan layanan profesional pemeliharaan untuk Building Cleaning Management, oleh karenanya serahkanlah jasa cleaning service officer, general cleaning, pembersihan kaca dan ACP gedung, cuci/sampo karpet, poles vinyl dan marmer, kristalisasi marmer, pest control serta pelatihan dan training kebersihan kepada kami bersihnya.id. Karena kami sudah banyak membantu sekaligus menjadi problem solver terhadap setiap masalah yang klien hadapi.